Minggu, Februari 10, 2008

Ayo Hemat Air!

HANDY TIPS 
  1. Usul sama ortu untuk bikin tempat penampungan air hujan. Air tersebut bisa dipakai buat ngebersihin kamar mandi, nyuci garasi, dan lain-lain. Yang perlu di ingat, tempat penampungan ini harus tertutup rapat dan cuma dibuka saat mau dipakai, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk demam berdarah di dalam tangki penampungan tersebut. 
  2. Setelah mengganti air di akuarium, gunakan air bekasnya yang kaya akan nitrogen dan fosfor itu buat nyiram tanaman. 
  3. Habiskan makanan sampai bersiiiih banget. Kalo bisa malah until the last crumbs. Sisa makanan di piring mengkonsumsi lebih banyak air saat dibersihkan. Makanya, kalau mengambil sambal, kecap, dll seperlunya aja yaa.. 
  4. Daripada pakai dispenser, lebih baik pakai botol minuman untuk menampung air minum di kulkas. Penggunaan kulkas dan dispenser artinya kita dobel membuang CO2 ke udara. 
  5. Kencangkan keran sampai tidak ada air yang menetes sama sekali. Make it habit, jadi setiap ngeliat keran mengucur sia-sia, kita akan refleks menutupnya, even though itu di toilet mall. Fyi, a slowly dripping water bisa ngebuang 1667 liter air perbulan. Padahal masih ada 1,1 milyar orang di dunia yang mengalami krisis air. Masa kita malah buang-buang percuma? 

WASHING TIPS 

  1. Memakai dish washer dan mesin cuci mengkonsumsi lebih banyak air daripada mencuci manual. Tapi kalau emang harus punya, pilih yang bertuliskan Water Conservation Technology. 
  2. Selalu gunakan dish washer untuk mencuci banyak piring sekaligus. Kalau cuma sedikit sih lebih baik cuci manual aja. Begitu juga dengan mesin cuci. Tunggu cucian menumpuk dulu, baru gunakan mesin. Cara ini bisa menghemat 10 liter air per sesi cucian dan pastinya hemat listrik juga,. 
  3. Jangan mencuci apapun dengan keran yang dibuka. Lebih baik lagi, siapin 1 baskom air yang nantinya dipake untuk membilas. 
  4. Pakai sabun cuci yang efisien. Sabun macam ini ga perlu bantuan terlalu banyak air untuk membersihkan cucian kamu karena kekuatannya double action. 
  5. Waktu merebus sayuran, gunakan air hanya sampai sayuran terendam sempurna. Dengan cara ini kamu bisa hemat air, mempercepat matangnya sayuran dan itu berarti menjaga vitamin-vitamin yang terkandung dalam sayuran tersebut 
Actually masih banyak yang bisa kita lakukan untuk menghemat air. C'mon guys, be creative! Its the green era, and udah sooo outdated banget kalau kita nggka care. Bumi cuma ada satu and when theres no more water left in the world, gimana dengan kelangsungan hidup kita iya nggak?


Save the last water,
Melinda R.

-

4 komentar:

tando-wi yahya mengatakan...

ayo hemat air juga!
ga usah mandi juga!

lala :') mengatakan...

jeng ini napa gk dimasukin ke go green?

mellovegood mengatakan...

buat tando: LO AJA SONO KAGAUSA MANDI.

Zami foXIII mengatakan...

wah, mau cari hadiah nobel?