Senin, Maret 16, 2015

Sailing Taman Nasional Komodo Part 6; Come on to Kanawa!

Spot terakhir yang kami kunjungi di sailing Komodo ini yaitu Pulau Kanawa. Karena judulnya sailing trip sudah pasti kami tidak bermalam di pulau ini, hanya mampir numpang berenang hehehe.

Pulau Kanawa! Sumber: Google
Bisa dibilang Kanawa merupakan pintu gerbang nya Taman Nasional Komodo, karena jika kita ingin ke pulau Komodo sudah pasti melewati pulau ini. Pulau Kanawa merupaka pulau kecil yang terletak kira-kira hanya 10 km dari Labuan Bajo.

Pulau seluas 32 hektare ini di kelola warga Itali yang sebelumnya pernah dikelola oleh warga Laboan Bajo (sayang, ya!). Sudah tau dong kalau pulau yang dikelola dengan sengaja pasti isinya banyak penginapan (bungalow/resort) yang sengaja dibangun dengan fasilitas yang sangat mendukung. Harganya jelas bukan harga backpakceran, dimulai dari 300 ribu per malam. 

Kebanyakan pendatang bermalam di pulau ini karena fasilitas sedemikian rupa yang ditawarkan. Bagi yang hobi irit seperti saya, lebih baik mengikuti tur keliling pulau dan tidur di kapal daripada harus merogoh kocek lebih banyak lagi hanya untuk bermalam hehehe.

Pulau ini juga memiliki bukit yang bisa di daki, terbukti Kanawa sangat indah bila dilihat dari atas bukitnya.

Kanawa dari atas bukitnya. Sumber: ww.panoramio.com
View dari dermaga
We can also canoeing in here!

Salam perairan Taman Nasional Komodo,
Melinda R.

-