Selasa, Januari 13, 2015

Sailing Taman Nasional Komodo Part 5; Looking For Manta Ray

Manta Point! Disini kami diajak melihat kumpulan ikan pari yang besar, tentunya cantik, dalam jumlah yang banyak.

Kebanyakan dari kita langsung menjudge ikan pari berbahaya dan beracun. Memang ada, salah satunya Stingray yang memiliki racun di pangkal ekornya (pangkal loh, bukan ujung). Beda dengan pari yang saya lihat kali ini. Jenisnya Pari Manta (Manta Ray) dimana merupakan jenis pari terbesar di dunia. Sudah gitu Manta Ray tidak berbahaya sama sekali, cerdas seperti lumba-lumba, dan sangat ramah dengan penyelam. Untuk berbagai jenis ikan pari lainnya  bisa di baca: Jenis-jenis Ikan Pari.

Penampakan Manta Ray! Gambar colong dari: themercury.com.au

Pernah nonton film Finding Nemo yang gurunya Nemo merupakan ikan pari? Nah seperti itu jenis Manta Ray. Lucu dan berbeda dengan pari lainnya.

Berhenti di salah satu spot of Manta Ray, banyak sekali pari manta terlihat berenang dari dalam laut hingga ke permukaan. Mungkin karena malu, mereka langsung menghindar begitu kami menyebur ke laut untuk berenang bersama mereka. 

Sedikit info mengenai pari manta:
  • Persebaran pari manta banyak ditemui di laut timur Indonesia (mulai Nusa Penida Bali, perairan Komodo, hingga kawasan Raja Ampat).
  • Jenis ikan yang paling dilindungi karena hampir punah
  • Banyak nelayan memburunya karena anggapan adanya khasiat untuk obat kuat terutama di bagian insangnya.

Kali ini saya tidak begitu dapat momen bagus dengan sang manta, mungkin karena kami berhenti di spot yang terlalu dalam (alasan), atau sayanya tidak begitu jago menyelam hahaha. Sebagian momen rekan saya yang berenang dengan manta terekam di video yang belum bisa saya upload disini. Yasudah, namanya juga hidup.. 

Mantanya kabur
Mantanya kabur mulu
Berenang bebas kesana kemari lalala

"Kalau di suatu daerah perairannya masih ada ikan pari manta artinya lingkungan itu bersih dan ekosistemnya masih bagus dan terjaga" -Asep Burhanudin (Dirjen Pengawasan Sumber Daya Keluatan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan).


Save Manta,
Melinda R.


....discontinued.

-